Tebal Marka Jalan, Ketentuan, dan Bahannya

5
(1)

Marka jalan adalah garis-garis yang menandakan batas pengendara ketika di jalan raya. Tujuan adanya marka jalan adalah untuk keselamatan para pengendara saat di jalan. Maka dari itu, tebal marka jalan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Ketentuan Marka Jalan

Berikut ketentuan umum untuk marka jalan:

  1. Marka jalan yang melekat pada perkerasan harus mempunyai ketahanan yang sesuai. 
  2. Marka jalan mempunyai keseragaman dan konsistensi yang mudah kita mengerti oleh para pengguna jalan
  3. Menggunakan pemantul cahaya pada jalan tanpa penerangan
  4. Permukaan tidak boleh licin maupun menonjol di atas permukaan jalan 
  5. Penempatan marka harus memperhatikan keselamatan pengendara

Jenis Marka Jalan

Berikut jenis marka jalan yang harus Anda keahui:

  • Marka Membujur sejajar dengan sumbu jalan
  • Melintang tegak lurus terhadap sumbu jalan
  • Marka Serong berbentuk garis dengan sudut 90 derajat terhadap jalur lalu lintas
  • Marka Lambang berfungsi sebagai peringatan, perintah maupun larangan. 

Bahan Marka Jalan

Kualitas dari bahan marka jalan harus sesuai dengan SNI No 06-4825-1998 yaitu tentang spesifikasi cat marka jalan. Adapun bahan-bahan pembuatan marka jalan adalah sebagai berikut:

  • Cat
  • Thermoplastik
  • Reflectorization (pemantul cahaya)
  • Cold Plastik (resin harus dalam keadaan dingin)
  • Marka Terpabrikasi

Tebal Marka Jalan Sesuai Jenisnya

Penempatan dan bahan untuk marka jalan harus selalu kita perhatikan. Hal ini mengingat bahwa marka jalan sangat penting bagi keselamatan pengendara. Selain itu marka jalan juga harus kita buat dengan konsistensi yang mudah kita tafsirkan oleh para pengguna jalan.

Baca Juga :   Mengenal Marka Membujur Beserta Jenis dan Fungsinya

Pada dasarnya, marka jalan yang baik harus sesuai dengan pasal 13, yaitu mempunyai ketebalan paling rendah 2 mm dan paling tinggi 30 mm di atas permukaan jalan. 

  • Marka Jalan Thermoplastik

Marka Jalan Tempoplastik adalah finishing pada pekerjaan proyek jalan. Pekerjaan ini dilakukan setelah lapisan aspal (AC-WC). Berdasarkan peraturan SNI Bina Marga 2018, pengecatan marka jalan harus kita lakukan kurang dari 30 hari setelah lapis permukaan (AC-WC).

Sebelum melakukan pembuatan marka jalan dengan thermoplastik, sebaiknya melakukan persiapan terlebih dahulu seperti menyiapkan semua bahan material cat yang akan kita gunakan. Tebal marka jalan thermoplastik minimal 1,5 mm. Untuk bahan non thermoplastik tebal basah, ketebalan minimal harus mencapai 0.38 mm.

  • Ukuran Marka Zebra Cross

Zebra cross berfungsi sebagai tanda tempat penyeberangan jalan untuk para pejalan kaki. Biasanya, zebra cross berada di persimpangan maupun jalan lurus. Marka ini berupa garis membujur yang ditempatkan melintang arah lalu melintas. 

Garis membujur untuk penyebrangan orang harus mempunyai lebar 0,30 meter dan panjang minimal 2,50 meter. Sedangkan celah yang berada di antara garis membujur minimal 0,30 meter dan maksimal 0,60 meter. 

  • Paku Jalan 

Setelah membahas tebal marka jalan, sekarang Anda beralih ke pembahasan paku jalan. Paku jalan adalah marka yang dibuat dari bahan keras dan tahan karat dan dilengkapi dengan lampu atau pemantul cahaya saat gelap dan jalan basah. Warna pemantu cahaya yaitu putih, kuning dan merah. 

Paku jalan memiliki empat bentuk persegi panjang yang harus memiliki ukuran lebar minimal 0,10 m dan panjang 0.20 m. Sedangkan untuk paku jalan berbentuk bundar harus memiliki diameter minimal 0,1 m.

Fungsi dari paku jalan antara lain sebagai batas tepi jalur lalu lintas, sumbu jalan sebagai pemisah jalur dan yang lainnya. Untuk ukuran paku jalan tidak boleh melebihi 15 meter di atas permukaan jalan. Jika dilengkapi dengan reflektor, paku jalan tidak boleh menonjol lebih dari 40mm dari permukaan jalan. 

Baca Juga :   Spesifikasi Jalan Beton yang Wajib Anda Ketahui

Penempatan paku jalan dengan pemantul cahaya berwarna kuning digunakan sebagai pemisah jalur lalu lintas, untuk warna merah ditempatkan pada batas sisi jalan, sedangkan warna putih ditempatkan pada batas sisi kanan jalan.

Jasa Pembuatan Marka Jalan

Marka jalan sangat penting bagi keselamatan pengendara. Untuk itu, tebal marka jalan harus sesuai dengan peraturan yaitu pasal 13 harus mempunyai ketebalan paling rendah 2 mm dan paling tinggi 30 mm di atas permukaan jalan. 

Karena marka jalan memiliki fungsi yang sangat penting, tentu tidak boleh sembaangan memilih cat untuk marka jalan. Tanpa cat marka yang berkualitas, maka marka akan tidak mudah hilang.

Jika Anda sedang membutuhkan jasa kontraktor jalan untuk pengecatan marka jalan, segera hubungi Catinpaint.co.id. Menggukan produk cat thermoplastik sendiri yaitu Thermoplastik Paint yang berkualias dan tahan lama, tentu Catinpaint akan membuat cat marka jalan lebih maksimal.

Apakah Catinpain membantu?

Klik bintang untuk menilainya!

Rating rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 1

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama untuk menilai posting ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top