5 Bentuk Marka Jalan di indonesia, Lengkap Beserta Arti Warnanya

0
(0)

Masyarakat sering menyebut marka jalan sebagai lambang lalu lintas di jalan. Ada beberapa bentuk marka jalan yang dibuat oleh jasa pemarkaan seperti Catinpaint. Semua jalan besar memiliki marka jalan yang digambarkan oleh sebuah garis dan warna.

Lambang-lambang ini berfungsi untuk mengatur dan mengarahkan pengguna jalan. Melihat banyak kecelakaan yang terjadi akhir akhir ini, ketertiban menjadi faktor tinggi penyebab kecelakaan. Tidak menutup kemungkinan, jika para pengendara ini tidak mengetahui maksud dari marka jalan.

Beberapa Bentuk Marka Jalan

Untuk mengetahui bentuk dan arti marka jalan, mari simak mengenai pengelompokkan marka jalan berikut ini:

  • Marka Membujur

Peraturan marka jalan mencakup juga marka membujur. Yakni, memiliki bentuk garis lurus panjang sejajar dengan arah jalan. Setidaknya bentuk marka membujur ini memiliki empat jenis, yaitu marka membujur garis utuh, berfungsi sebagai pembatas jalan dan umumnya berada di tepi bahu jalan.

Lalu, marka membujur garis putus–putus, yakni melambangkan jika pengendara bisa berpindah jalur. Kemudian marka membujur garis ganda utuh, berfungsi sebagai pembatas yang artinya pengendara tidak boleh melewati batas garis.

Terakhir adalah marka membujur ganda utuh dan putus–putus, artinya pengguna jalan masih bisa berpindah lajur jika berada di garis putus–putus. Sebaliknya, jika berada di garis ganda, maka Anda tidak boleh berpindah jalur.

  • Marka Jalan Melintang

Warna marka jalan melintang umumnya berwarna putih. Jenis marka ini berbentuk lurus dengan sumbu jalan. Jika Anda ingin melihat jenis marka ini, maka akan sangat mudah ditemui di persimpangan jalan atau zebra cross.

Baca Juga :   Marka Melintang: Kenali Jenis dan Aturannya

Setiap kendaraan harus berhenti jika terdapat rambu untuk pejalan kaki melewati marka jalan ini. Jenis marka ini berfungsi untuk mengatur lalu lintas agar tertib dan mencegahmarka jalan kecelakaan di jalanan.

  • Marka Jalan Serong

Sebagian besar orang mungkin belum mengerti arti marka jalan serong. Bentuk marka ini bisa Anda temukan di jalan-jalan besar Indonesia. Jenis marka ini  berbentuk panah yang bercabang. Jika Anda mendapati bentuk marka ini, artinya Anda harus berhati-hati.

Marka jalan serong berfungsi sebagai petunjuk atau peringatan untuk para pengendara jika terdapat jalan bercabang di depan. Sehingga, pengendara memiliki antisipasi saat melewati jalan bercabang tersebut. Umumnya, pengguna jalan akan menemukan jenis marka ini di jalan tol.

  • Marka Lambang

Marka lambang ini dapat mencakup marka jalan segitiga, tapi selain bentuk segitiga ada pula yang berbentuk gambar, tulisan, panah dan lain sebagainya. Umumnya marka lambang berfungsi sebagai tanda untuk mengulangi maksud rambu lalu lintas.

Marka ini juga dapat mengandung sebuah arti tertentu yang menyatakan peringatan, larangan, maupun perintah, tergantung lambang yang terlihat. Tujuannya untuk menegaskan maksud dari jenis rambu lainnya.

  • Marka Kotak Kuning

Biasa, masyarakat mengenal bentuk marka ini dengan sebutan yellow box junction, yakni sebuah marka yang memiliki bentuk segi empat dengan warna kuning. Marka ini fungsinya untuk melarang pengendara maupun kendaraan berhenti pada suatu area.

Selain Itu, jenis marka jalan ini juga bertujuan untuk menghindari kepadatan lalu lintas jalanan. Tanpa adanya marka jalan yang satu ini, arus lalu lintas kendaraan bisa saja tersedat.

Gambar dari Pinterest
Bentuk Marka Jalan

Warna Marka Jalan

Umumnya, marka jalan di indonesia didominasi dengan warna kuning dan putih. Namun tahukah Anda jika terdapat perbedaan di kedua marka ini? Untuk marka jalan yang berwarna kuning umumnya merupakan tanda untuk jalan nasional.

Baca Juga :   Harga Pembuatan Jalan Tol di Indonesia, Segini Besarnya!

Jalan nasional sendiri adalah jalan yang menjadi penghubung antar ibukota ataupun provinsi. Sebaliknya, untuk warna marka jalan putih, akan Anda temukan pada jalan jalan besar yang selain jalan nasional.

Marka jalan di Indonesia biasanya merupakan hasil buatan perusahaan jasa yang menawarkan pengerjaan jalan. Seperti salah satunya adalah Catin Paint, yakni penyedia jasa yang menawarkan berbagai pengerjaan marka jalan.

Pengerjaan marka jalan oleh Catinpaint didukung dengan warna cat berkualitas premium yang merupakan produk cat sendiri dengan merek Catin Thermoplastic Paint. Dengan memilih jasa yang tepat maka Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kami melayani berbagai daerah besar di Indonesia. Antara lain di Bogor, Tangerang, Bekasi, Semarang, Jakarta, dan Depok.

Selain itu kami juga melayani konsultasi gratis dan bergaransi. Kini, Anda telah mengetahui ragam bentuk marka jalan. Dengan begitu, tingkat keselamatan akan semakin tinggi dengan mengetahui tata tertib di jalan.

Apakah Catinpain membantu?

Klik bintang untuk menilainya!

Rating rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama untuk menilai posting ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top